Mengoleksi jilbab kerudung itu bukan perkara yang terlalu sulit, asal ada dananya bisa langsung membelinya, namun merawat jilbab kerudung perlu perhatian khusus dan ini tidak semua orang (care) peduli untuk melakukannya. Malah banyak yang tidak tahu bagaimana sebenarnya cara merawat jilbab kerudung. Tentunya beda bahan jilbab kerudung tentu berbeda pula cara penanganannya.

Nah pada kesempatan ini grosir jilbab tanah abang akan berbagi tips cara merawat jilbab kerudung.Yuk kita mulai melek cara merawat jilbab kerudung koleksi kita .

a. Untuk semua jenis jilbab jangan pernah mencucinya dengan mesin cuci karena proses di mesin cuci akan merusak busa (dacron) dikepala terutama untuk jilbab jenis bergo, juga akan merusak jilbab dengan bahan sutera atau katun. Cukup digosok-gosok saja dengan tangan dan tak perlu disikat.

b. Jilbab dengan bahan sutrera jangan pernah mencucinya dengan detergen atau sabun cuci, cukup gunakan shampo. Celupkan jilbab pada air yang telah diberi shampo. Biarkan beberapa waktu kemudian jemur jilbab tanpa memerasnya.

c. Jemur jilbab dengan posisi bagian dalam jilbab yang diluar dan jemur di tempat yang teduh, hindari kena sinar matahari langsung karena hal itu dapat menyebabkan warna jilbab cepat memudar.

d. Setrika jlbab dengan panas yang ringan, pada jilbab bergo jangan menyetrika bagian busanya/decron karena akan merusak bentuk decron. Gunakan panas yang berbeda untuk setiap jenis bahan jilbab Selain beberapa tips diatas ada beberapa tips lain untuk merawat jilbab kerudung.

Berikut adalah tips lanjutan cara merawat jilbab kerudung berdasarkan model jilbab kerudung.

1. KerudungParis Polos – Jangan mencucinya dengan mesin cuci karena serat bahan Paris yang tipis bisa mudah rusak. – Ketika menjemur, hindari dari sinar matahari agar warnanya tetap terjaga. – Bahan Paris cukup aman dikeringkan dengan pengering di mesin cuci. – Apabila bahan ini tersangkut, Anda dapat menggabungkan seratnya kembali dengan cara menggesek-gesekkan bagian yang rusak ke bagian yang mulus. Serat pun akan merapat dengan mudah. Setelah itu, ”segel” dengan cara menyetrikanya. – Tidak dianjurkan memakai peniti untuk bahan Paris karena peniti mudah tersangkut hingga kemudian merusak bahan. Pilih jarum pentul yang lebih aman!

2. Kerudung Payet – Cuci kerudung dengan sampo. Sabun cuci yang keras dapat merusak payet. – Ketika mencucinya, jangan terlalu lama merendam karena akan merubah warna payet. – Jangan mengucek atau menyikat bagian payet. – Jangan memeras bagian manik-maniknya. Langsung saja dikeringkan. – Apabila kerudung tersebut penuh dengan payet, simpan kerudung dengan cara dilipat dan jangan digantung. – Menggantung kerudung dapat merusak bentuk payet!

3. Kerudung Siap Pakai (Bergo) – Jangan mencucinya dengan mesin, karena biasanya kerudung semacam ini memiliki pet. Cukup dicelup-celup saja. – Ketika dicuci, hindari memerasnya. Keringkan dengan cara diangin-anginkan di permukaan datar. – Setrika kerudung dengan suhu tidak terlalu panas. Meski begitu jangan menyetrika bagian pet ataupun aplikasi bunganya (jika ada). – Simpan dengan posisi terlipat. Pastikan bagian petnya tidak terlipat ataupun tertekuk.

4. Kerudung Bordir – Hindari menyetrika bagian bordir/ sulam. – Jauhkan benda tajam dari bagian bordir/sulam.

5. Ciput – Perhatikan bagian pet, jangan sampai terlipat ataupun patah. -Jangan masukan ciput ke dalam mesin cuci, cukup dikucek. – Apabila bagian pet kotor, sikat pet dengan sikat halus atau direndam sebentar. – Menyimpan pet sebaiknya dalam keadaan lurus. Jangan terlipat. – Pet tidak perlu disetrika karena biasanya pet berbahan kaus. – Apabila Anda membeli ciput dengan cepol, pastikan kualitasnya bagus. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir cepol berubah bentuk ketika dicuci.

6. Aksesori – Jangan menyimpan aksesori di tempat lembab ataupun terlalu banyak sinar matahari. – Taruh aksesori di boks agar aman, namun sesekali keluarkan agar ada sirkulasi udara. – Bersihkan aksesori berdebu dengan kuas halus. Jangan dibersihkan dengan sabun atau bahan kimia lainnya karena dapat merubah warna. – Jangan menyimpan aksesori terlalu bertumpuk atau berdempetan agar terhindar dari gesekan yang bisa merusak.

Nah..hanya itu tips cara merawat jilbab kerudung yang grosir jilbab tanah abang bisa bagi, tentunya masih banyak tips lain untuk mengakali supaya koleksi jilbab kerudung tetap awet dan terawat dan itu kesempatan bagi Anda untuk membagi dan menyebarkannya kepada pembaca lainnya. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga memberi manfaat bagi kita semua.

 

Sumber:Tabloid NOVA dan indowebster